Kumpulan artikel tentang ekonomi dan ilmu ekonomi serta akuntansi dan manajemen

Pengertian Kerajinan dari Bahan Keras dan Produk Bahan Keras

Assalamualaikum Wr Wb
     Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Pengertian Kerajinan dari Bahan Keras, mulai dari Pengertian Kerajinan dari Bahan Keras, Aneka Produk Kerajinan dari Bahan Keras, Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Keras, Unsur Estetika dan Ergonomis Produk Kerajinan dari Bahan Keras serta Motif Ragam Hias Produk Kerajinan dari Bahan Keras. Untuk lebih jelasnya yaitu sebagai berikut.

1. Pengertian Kerajinan dari Bahan Keras

    Kerajinan merupakan budaya tradisional yang kini menjadi komoditi negara untuk meningkatkan devisa. Di antara sejumlah kerajinan Nusantara, ada kerajinan yang tetap mempertahankan bentuk dan ragam hias tradisionalnya, tetapi ada pula yang telah dikembangkan sesuai dengan tuntutan pasar.
    Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua, yaitu produk kerajinan dari bahan lunak dan produk kerajinan dari bahan keras. Produk kerajinan dari bahan keras merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat keras. Beberapa bahan keras yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua yaitu;

a. Bahan Keras Alami

    Bahan Keras Alami adalah bahan yang diperoleh dilingkungan sekitar kita dan kondisi fisiknya keras seperti kayu, bambu, batu, rotan, dan lain-lain.

b. Bahan Keras Buatan

    Bahan Keras Buatan adalah bahan-bahan yang diolah menjadi keras sehingga dapat digunakan untuk membuat barang-barang kerajinan seperti berbagai jenis logam, fiberglass dan lain-lain

2. Aneka Produk Kerajinan dari Bahan Keras

    Produk kerajinan sangat beraneka ragam. Berikut ini contoh produk kerajinan dari Bahan Keras.

a. Kerajinan Logam

    Kerajinan logam menggunakan bahan logam seperti besi, perunggu, emas, perak, dan lain-lain. Teknik yang digunakan biasanya menggunakan sistem cor, ukir, tempa atau sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Bahan logam banyak dibuat sebagai perhiasan atau aksesoris, kemudian berkembang pula sebagai benda hias dan benda fungsional lainnya, seperti gelas, kap lampu, perhiasan. wadah serbaguna bahkan sampai piala sebagai simbol kejuaraan. Logam memiliki sifat keras, sehingga dalam pengolahannya memerlukan teknik yang tidak mudah, seperti diolah dengan teknik bakar/pemanasan dan tempa.

Kerajinan Logam
Kerajinan Logam

Kerajinan Logam
Kerajinan Logam

b. Kerajinan Kayu

   Negara Indonesia merupakan daerah tropis yang sebagian besar wilayahnya diisi oleh lautan dan juga hutan. Hutan yang tersebar di banyak tempat di Indonesia tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para perajin. Karya kerajinan ukir kayu adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan dari kayu yang dikerjakan atau dibentuk menggunakan tatah ukir. Kerajinan ukiran memang lebih banyak menggunakan bahan baku kayu sebagai bahan utamanya. Kayu yang biasanya digunakan adalah kayu jati, mahoni, waru, sawo, nangka, dan lain-lain.
Kerajinan Kayu
Kerajinan Kayu
 
Kerajinan Kayu
Kerajinan Kayu

c. Kerajinan Bambu

   Bambu dapat dijadikan berbagai produk kerajinan yang bernilai estetis dan ekonomi tinggi. Sejak ratusan tahun lalu, orang Indonesia telah menggunakan bambu untuk berbagai kebutuhan, mulai dari yang oaling sederhana sampai yang rumit. Sampai saat ini, bambu masih digunakan untuk keperluan tersebut. Bahkan saat ini, produk kerajinan bambu tampil dengan desain lebih menarik dan artistik. Beberapa teknik dalam pembuatan kerajinan bahan alam dari bambu adalah teknik anyaman dan teknik tempel atau sambung. Anyaman Indonesia sangat dikenal di mancanegara dengan berbagai motif dn bentuk yang menarik.
Kerajinan Bambu
Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu
Kerajinan Bambu

d. Kerajinan Rotan

    Rotan merupakan hasil kekayaan alam yang sangat besar di Indonesia. Pulau yang paling banyak menghasilkan rotan adalah Kalimantan. Tumbuhan rotan bersifat kuat dan lentur sehingga sangat cocok sebagai benda kerajinan dengan teknik anyaman. Contoh produk kerajinan dari bahan rotan banyak digunakan pada meja kursi, lemari, tempat makanan, dan lain-lain.
Kerajinan Rotan
Kerajinan Rotan

Kerajinan Rotan
Kerajinan Rotan

e. Kerajinan Batu

   Indonesia sangat kaya dengan bebatuan, jenisnya beraneka ragam. Daerah Kalimantan merupakan penghasil batu warna yang dinilai sangat unik. Banyak daerah di Indonesia menjadikan bebatuan warna sebagai produk kerajinan seperti aksesoris pelengkap busana, juga sebagai penghias benda.
   Batu hitam yang keras dan batu padas berwarna putih/cokelat yang lunak banyak dimanfaatkan untuk produk kerajinan. Teknik pengolahan untuk batu hitam dan batu padas banyak menggunakan teknik pahat dan teknik ukir. Kerajinan batu banyak digunakan untuk hiasan interior dan eksterior
Kerajinan Batu
Kerajinan Batu

Kerajinan Batu
Kerajinan Batu


f. Kerajinan Kaca Serat  (fiberglass)

       Kaca serat (fiberglass) adalah serat gelas berupa kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis. Serat ini dapat dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain, kondisi siap pakai. Kemudian, diresapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi. Oleh sebab itu, fiberglass biasa digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal. Dia juga digunakan sebagai agen penguat untuk banyak produk plastik.
     Kerajinan Fiberglass membutuhkan beberapa campuran dalam proses pembuatannya. Campuran fiberglass terdiri atas cairan resin (minyak resin bahan dasarnya minyak bumi dan residu), katalis, met atau serat fiber, polish atau sabun krim silicon untuk membuat cetakan, serta talk untuk menekatkan warna. Proses pembuatan perlu perbandingan agar memperoleh hasil yang baik. Jika zat cair (resin dan katalis) dicampur, akan bereaksi dari cair berubah menjadi padat dan keras, serta berwarna bening mengilap.
Kerajinan Kaca Serat
Kerajinan Kaca Serat

Kerajinan Kaca Serat
Kerajinan Kaca Serat


3. Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Keras

   Pada materi kerajinan dari bahan lunak sudah dibahas tentang fungsi produk kerajinan. Kamu diharapkan dapat mengeksplorasi fungsi produk kerajinan tersebut ditinjau dari bahannya. Seperti pada produk kerajinan dari bahan lunak, produk kerajinan dari bahan keras juga memiliki fungsi sebagai berikut.

a. Benda Pakai 

   benda pakai adalah karya kerajinan yang diciptakan mengutamakan fungsinya. Unsur keindahannya hanyalah sebagai pendukung.
Benda Pakai
Kerajinan Benda Pakai


 b. Benda Hias

     Benda Hias adalah karya kerajinan yang dibuat sebagai benda pajangan atau hiasan. Jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan atau segi fungsinya.

Kerajinan Benda Hias

4. Unsur Estetika dan Ergonomis Produk Kerajinan dari Bahan Keras

    Dalam perkembangan produk, kerajinan tidak dapat melepaskan diri dari unsur-unsur seni pada umumnya. Sentuhan-sentuhan estetik sangat penting untuk mewujudkan karya kerajinan aktraktif dan bernilai ekonomis. Pada produk kerajinan, aspek fungsi menempati porsi utama. Maka karya kerajinan harus mempunyai nilai ergonomis yang meliputi kenyamanan, keamanan dan keindahan (estetika).
   Pada materi kerajinan dari bahan lunak, kamu sudah mempelajari tentang unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan dari bahan lnak. Diharapkan kamu dapat mengenali dan mengeksplorasi tentang unsur estetika dan ergonomis serta mengembangkan produk-produk kerajinan dari bahan keras yang ada di daerahmu dan di wilayah Nusantara.

5. Motif Ragam Hias  Produk Kerajinan dari Bahan Keras

   Produk kerajinan dari beberapa daerah di Indonesia sudah dikenal di mancanegara sejak zaman dahulu. Keanekaragaman produk kerajinan tersebut memiliki motif dan ragam hias yang khas di setiap daerah. Setiap motif dan ragam hias mempunyai nilai keindahan dan keunikan serta makna simbolis yang penuh perlambangan dan juga nasihat. Beberapa daerah yang terkenal ukiran atau pahatannya adalah Jepara, Yogyakarta, Cirebon, Bali, Toraja, Palembang, Kalimantan, dan masih ada daerah lainnya. Kita perlu  mengenal dan melestarikan motif dan ragam hias Nusantara. Kekayaan kreasi bangsa Indonesia perlu kita syukuri sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
   Pada materi kerajinan dari bahan lunak, kamu sudah mempelajari tentang motif ragam hias pada karya kerajinan dari bahan lunak. Diharapkan kamu dapat mengeksplorasi berbagai macam motif ragam hias pada karya kerajinan berbahan keras yang ada di daerahmu dan di wilayah Nusantara. Berikut contoh motif ragam Hias dari bahan keras.

 Demikian pembahasan mengenai Pengertian Kerajinan dari Bahan Keras, Aneka Produk Kerajinan dari Bahan Keras, Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Keras, Unsur Estetika dan Ergonomis Produk Kerajinan dari Bahan Keras serta Motif Ragam Hias Produk Kerajinan dari Bahan Keras. Semoga materi ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

sumber. Buku Prakarya dan Kewirausahaan SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI semester 2

Pengertian Kerajinan dari Bahan Keras dan Produk Bahan Keras Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ekonomisajalah

0 komentar:

Post a Comment