Tuesday, 18 April 2017

Metode Penelitian Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Volume Penjualan pada Warung Bakso Barokah di Kota Makassar

                                                                               BAB III
                                                                 METODE PENELITIAN

 
A.    Variabel dan Desain Penelitian

 
1.    Variabel Penelitian
      Dalam penelitian ini, yang menjadi variabel yaitu sebagai berikut:
a)    Produk, harga, promosi, dan distribusi merupakan variabel bebas (independent variable) diberi symbol X.
b)    Volume Penjualan merupakan variabel terikat (dependent variable) diberi simbol Y.


2.    Desain Penelitian

Desain penelitian
Desain Penelitian

   B.  Defenisi Operasional dan Pengukuran Variabel

 
    1. Definisi Operasional Variabel
         Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis faktor-faktor serta mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi bauran pemasaran yaitu, product, price, place serta promotion terhadap volume penjualan pada   Warung Bakso Barokah. Maka yang menjadi variabel dalam penelitian ini dapat dibagi dalam dua item, yaitu:

a. Variabel Produk (X1) merupakan barang yang diproduksi dan dijual untuk ditawarkan kepada konsumen, produknya berupa makanan.
b. Variabel harga (X2) merupakan sejumlah kompensasi/uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang, mengenai harga makanan yang akan dijual. 
c. Variabel saluran distribusi (X3) merupakan saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk baksonya sampai ke konsumen atau berbagai aktivitas perusahaan yang mengupayakan agar produk sampai ke tangan konsumen.
 d. Variabel promosi (X4) merupakan kegiatan-kegiatan yang secara aktif yang dilakukan perusahaan untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.
 e. Variabel volume penjualan (Y) adalah hasil akhir yang dicapai perusahaan dari penjualan produk yang dilakukan oleh salesman dan tenaga penjual lainnya. Volume penjualan dalam penelitian ini dinyatakan dalam jumlah atau unit.


 2. Pengukuran Variabel
     Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap volume penjualan pada Warung Bakso Barokah di Kota Makassar dimana variabel :

 a. Produk diperoleh dengan cara observasi dan mewawancarai pemilik usaha pada Warung Bakso Barokah di Kota Makassar. Variabel penelitian ini diukur dengan menggunakan satuan angka.
 b. Harga diperoleh dengan cara observasi dan mewawancarai pemilik usaha pada Warung Bakso Barokah di Kota Makassar. Variabel penelitian ini diukur dengan menggunakan satuan rupiah (Rp).
 c. Distribusi diperoleh dengan cara observasi dan mewawancarai pemilik usaha mengenai saluran distribusi yang digunakan pada Warung Bakso Barokah di Kota Makassar. Variabel penelitian ini diukur dengan menggunakan satuan angka.
 d. Promosi diperoleh dengan cara observasi dan mewawancarai pemilik usaha mengenai promosi yang digunakan pada Warung Bakso Barokah di Kota Makassar. Variabel penelitian ini diukur dengan menggunakan satuan angka.
 e. Volume penjualan diperoleh dengan cara mewawancarau pemilik usaha mengenai volume penjualan yang didapatkan pada Warung Bakso Barokah di Kota Makassar. Variabel penelitian ini diukur dengan menggunakan satuan unit.
 

C. Populasi
     Populasi dalam penelitian ini yaitu data penjualan lima tahun terakhir yaitu tahun 2011-2015 pada Warung Bakso Barokah di Kota Makassar. Penelitian ini tidak menggunakan sampel karena merupakan data time series.


 D. Teknik Pengumpulan data
     Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

 1. Observasi, yaitu melakukan pengamatan langsung pada Warung Bakso Barokah di Kota Makassar secara sistematis disesuaikan dengan data yang diperlukan.
 2. Wawancara, yaitu melakukan tanya jawab kepada pemilik Warung Bakso Barokah tentang data yang berhubungan dengan penelitian.


 E. Teknik Analisis Data
     Untuk menguji hipotesis penelitian ini digunakan teknik analisis sebagai berikut.

1. Analisis Regresi Linear Berganda
      Metode Analisis Regresi Berganda, dengan aplikasi program SPSS (Statistical Product Standart Solution) versi 16,0 for Windows. Adapun formula dari model Analisis Regresi Berganda tersebut adalah sebagai berikut :
Y = b0 + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4
Dimana:
Y    : Volume penjualan dalam satuan unit
b0    : Konstanta
b1, b2, b3, b4    : Parameter yang diukur
X1    : Produk (Product)
X2    : Harga (Price)
X3    : Tempat (Place)
X4    : Promosi (Promotion)
       Rumus di atas digunakan untuk menentukan pengaruh masing-masing variabel bauran pemasaran yaitu: Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion) terhadap variabel volume penjualan. Selanjutnya untuk menguji nilai signifikan dari masing-masing koefisien pengaruh tersebut maka digunakan uji Turkey (t), dimana nilai Signifikan kurang dari α : 5% (nilai toleransi terhadap error) yang berarti koefisien pengaruh yang dimaksud adalah signifikan.


2. Analisis Korelasi Product Moment
     Untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel penelitian digunakan analisis korelasi Product Moment, sebagaimana yang dikemukakan oleh Sugiyono (2006:191) dengan rumus sebagai berikut:

Rumus Analisis Korelasi Product Moment
Rumus Korelasi Product Moment

      Selanjutnya untuk melihat hasil dari nilai korelasi yang diperoleh dapat dibuktikan dengan tabel berikut:
Pedoman Interpretasi Nilai Koefisien Korelasi (r)
Pedoman Interpretasi Nilai Koefisien Korelasi (r)


3.  Uji Secara Parsial (Uji – T)
     Uji Secara Parsial (T-test) bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh masing-masing variabel independen secara individual (parsial) terhadap variabel dependen.
     Adapun kriteria Pengujian hipotesis menurut Sugiyono (2006:337):

a)  Apabila taraf signifikan < 0,05 atau α 5 persen, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan strategi bauran pemasaran terhadap volume penjualan.
b) Apabila taraf signikan > 0,05 atau α 5 persen, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Hal ini berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan strategi bauran pemasaran terhadap volume penjualan.
      Perhitungan secara manual dengan rumus tersebut adalah dengan memasukkan nilai-nilai yang diminta ke dalam rumus-rumus di atas. Namun karena pengolahan data yang penulis lakukan dalam penulisan skripsi ini menggunakan bantuan program Software Statistical Product Standart Solution (SPSS) maka perhitungan secara manual dengan rumus di atas tidak penulis lakukan.















Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home