Kumpulan artikel tentang ekonomi dan ilmu ekonomi serta akuntansi dan manajemen

Pengertian Statistik

     Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian Statistik. Pada mulanya, kata statistik diartikan sebagai keterangan yang dibutuhkan oleh negara dan berguna bagi Negara.
    Secara etimologi, kata "statistik" berasal dari kata status (bahasa latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata state (bahasa Inggris), yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan negara. Pada mulanya, kata "statistik" diartikan sebagai "kumpulan bahan keterangan (data), baik yang berwujud angka (data kuantitatif) maupun yang tidak berwujud angka (data kualitatif), yang mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi suatu negara". Namun pada perkembangan selanjutnya, arti kata statistik hanya dibatasi pada kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif0 saja.
    Ditinjau dari segi terminologi, dewasa ini istilah statistik terkandung berbagai macam pengertian. Pertama, istilah statistik kadang diberi pengertian sebagai data statistik, yaitu kumpulan bahan keterangan berupa angka atau bilangan. Kedua, sebagai kegiatan statistik atau kegiatan perstatistikan atau kegiatan penstatistikan. Ketiga, kadang juga dimaksudkan sebagai metode statistik, yaitu cara-cara tertentu yang perlu ditempuh dalam rangka mengumpulkan, menyusun atau mengatur, menyajikan, menganalisis, dan memebrikan interpretasi terhadap sekumpulan bahan keterangan yang ebrupa angka itu dapat berbicara atau dapat memberikan pengertian makna tertentu. Keempat, istilah statistik dewasa ini juga dapat diberi pengertian sebagai "ilmu statistik". Ilmu statistik tidak lain adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan memperkembangkan secara ilmiah tahap-tahap yang ada dalam kegiatan statistik. 
    Dengan ungkapan lain, ilmu statistik adalah ilmu pengetahuan yang membahas (mempelajari) dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau digunakan dalam rangka: (a) pengumpulan data angka, (b) penyusunan atau pengaturan data angka, (c) penyajian atau penggambaran atau pelukisan data angka, (d) penganalisisan terhadap data angka, (e) penarikan kesimpulan (conclusion), (f) pembuatan perkiraan (estimation), dan (g) penyusunan ramalan (prediction) secara ilmiah (dalam hal ini secara matematik) atas dasar pengumpulan data angka tersebut.
Pengertian Statistik
Pengertian Statistik

     Dalam kamus ilmiah populer, kata statistik berarti tabel, grafik, daftar informasi, angka-angka, informasi. Sedangkan kata statistika berarti ilmu pengumpulan, analisis, dan klasifikasi data, angka sebagai dasar untuk induksi. Jadi statistika merupakan sekumpulan metode untuk membuat keputusan yang bijaksana dalam keadaan yang tidak menentu.

    Demikian pembahasan mengenai Pengertian Statistik. Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

Pengertian Statistik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ekonomisajalah

0 komentar:

Post a Comment