Kumpulan artikel tentang ekonomi dan ilmu ekonomi serta akuntansi dan manajemen

Pengertian Pemasaran dan Unsur-Unsur Utama Pemasaran

Pembahasan kali ini mengenai Pengertian Pemasaran dan Unsur-Unsur Utama Pemasaran. Untuk lebih jelasnya, pembahasan mengenai Pengertian Pemasaran dan Unsur-Unsur Utama Pemasaran yaitu sebagai berikut.

Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial, budaya, politik, ekonomi, dan manajerial. Akibat dari pengaruh berbagai faktor tersebut adalah masing-masing individu maupun kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang memiliki nilai komoditas.

Unsur-Unsur Utama Pemasaran
Unsur-unsur utama pemasaran dapat diklasifikasikan menjadi tiga unsur utama yaitu:

1. Unsur Strategi Persaingan
     Unsur strategi persaingan dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu;
a. Segmentasi Pasar
    Segmentasi pasar adalah tindakan mengidentifikasikan dan membentuk kelompok pembeli atau konsumen secara terpisah. Masing-masing segmen konsumen ini memiliki karakteristik, kebutuhan produk, dan bauran pemasaran tersendiri.
b. Targeting
   Targeting adalah suatu tindakan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki.
c. Positioning
    Positioning adalah penetapan posisi pasar. Tujuan positioning ini adalah untuk membangun dan mengkomunikasikan keunggulan bersaing produk yang ada di pasar ke dalam benak konsumen.

2. Unsur Taktik Pemasaran
   Terdapat dua unsur taktik pemasaran, yaitu: 
a. Diferensiasi, yang berkaitan dengan cara membangun strategi pemasaran dalam berbagai aspek di perusahaan. Kegiatan membangun strategi pemasaran inilah yang membedakan diferensiasi yang dilakukan suatu perusahaan dengan yang dilakukan oleh perusahaan lain.
b. Bauran pemasaran, yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan mengenai produk, harga, promosi dan tempat.

3. Unsur Nilai Pemasaran
Nilai pemasaran dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
a. Merek atau brand, yaitu nilai yang berkaitan dengan nama atau nilai yang dimiliki dan melekat pada suatu perusahaan. Sebaiknya perusahaan senantiasa berusaha meningkarkan brand equity-nya.
   Jika brand equity ini dapat dikelola dengan baik, perusahaan yang bersangkutan setidaknya akan mendapatkan dua hal. Pertama, para konsumen akan menerima nilai produknya. Mereka dapat merasakan semua manfaat yang diperoleh dari produk yang mereka beli dan merasa puas karena produk itu sesuai dengan harapan mereka. Kedua, perusahaan itu sendiri memperoleh nilai melalui loyalitas pelanggan terhadap merek, yaitu peningkatan margin keuntungan, keunggulan bersaing, dan efisiensi serta efektivitas kerja khusus dan efisiensi serta efektivitas kerja khususnya pada program pemasarannya.

     Cara mengelola ekuitas merek (brand equity) ada lima yaitu:
1) Brand Loyalty, dapat dikelola dengan cara menciptakan tingkat pembelian kembali, menciptakan daya tarik kepada konsumen (perhatian dan melibatkan konsumen serta pelayanan secara terus menerus), memberikan respon terhadap pesaing yang mengancam, serta berusaha untuk mengoptimalkan biaya pemasaran.
2) Brand Awareness, dapat dikelola dengan cara mengingatkan secara terus-menerus manfaat produk terhadap konsumen.
3) Persepsi mengenai kualitas, dapat dikelola dengan cara menerapkan strategi diferensiasi, strategi harga, melibatkan kelompok konsumen yang sama dan menjaga kualitas produk sehingga sesuai dengan harapan konsumen.
4) Brand associations, dapat dikelola dengan cara menciptakan perasaan dan perilaku positif terhadap merek secara terus-menerus. Contohnya Pepsodent menjelang Idul Fitri memberikan bantuan infak dan sedekah sebesar 2,0% dan harga jual setiap produknya kepada kaum fakir miskin.
5) Brand Assets, dapat dikelola dengan cara menciptakan keunggulan bersaing terhadap produk-produknya.


b. Pelayanan atau service, yaitu nilai yang berkaitan dengan pemberian jasa pelayanan kepada konsumen. Kualitas pelayanan kepada konsumen ini perlu terus-menerus ditingkatkan.

Pengertian Pemasaran dan Unsur-Unsur Utama Pemasaran
Pengertian Pemasaran dan Unsur-Unsur Utama Pemasaran

c. Proses, yaitu nilai yang berkaitan dengan prinsip perusahaan untuk membuat setiap karyawan terlibat dan memiliki rasa tanggung jawab dalam proses memuaskan konsumen, baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Pemasaran dan Unsur-Unsur Utama Pemasaran. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Pengertian Pemasaran dan Unsur-Unsur Utama Pemasaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ekonomisajalah

0 komentar:

Post a Comment