Kumpulan artikel tentang ekonomi dan ilmu ekonomi serta akuntansi dan manajemen

Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

     Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi. Pembahasan mengenai Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi yaitu sebagai berikut.

Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi
1. Pengertian Pertumbuhan Ekonomi
    Pertumbuhan ekonomi adalah suatu kondisi di mana terjadi peningkatan produk domestik bruto dari suatu negara atau daerah. Pertumbuhan ekonomi dikatakan meningkat apabila persentase kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB) pada suatu periode lebih besar dari periode sebelumnya. Kenaikan PDB tersebut tidak disertai penghitungan persentasenya terhadap tingkat pertumbuhan penduduk. Jadi, pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana terjadi kenaikan PDB suatu negara tanpa memandang apakah kenaikan tersebut lebih besar atau lebih kecil dari tingkat pertumbuhan penduduk.

2. Pengertian Pembangunan Ekonomi
   Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menaikkan produk domestok bruto suatu negara atau daerah dalam jangka panjang. Kenaikan PDB tersebut lebih besar daripada tingkat pertumbuhan penduduk. Singkatnya, pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang bertujuan untuk menaikkan PDB suatu negara atau daerah melebihi tingkat pertumbuhan penduduk.
   Di dalam pembangunan ekonomi, kenaikan pendapatan masyarakat diikuti pula oleh perubahan dalam struktur sosial dan sikap masyarakat. Selain kenaikan pendapatan, tujuan pembangunan ekonomi adalah perbaikan kondisi di luar aspek ekonomi seperti perbaikan lembaga pemerintah, perbaikan sikap dan ussaha memperkecil jurang pemisah antara kaya dan miskin. 
    Pofesor Dudley Seers menegaskan bahwa keberhasilan pembangunan ekonomi ditentukan oleh jawaban atas tiga  pertanyaan berikut.
a. Apakah pembangunan itu telah mengurangi kemiskinan?
b. Apakah yang dilakukan terhadap pengangguran?
c. Apakah yang dilakukan terhadap kesenjangan?
   Dengan demikian, menurut Profesor Dudley Seers, suatu  pembangunan ekonomi dikatakan berhasil apabila pendapatan perkapita masyarakat meningkat (kemiskinan berkurang), tingkat pengangguran berkurang, dan kesenjangan antara kaya dan miskin mengecil.

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dengan Pembangunan Ekonomi
  Apabila diperhatikan, perbedaan pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut.
a. Keduanya menekankan pada kenaikan PDB. Namun, pertumbuhan ekonomi hanya menekankan kenaikan PDB tanpa membandingkan dengan laju pertumbuhan penduduk. Sedangkan dalam pembangunan ekonomi, disebut ada kenaikan jika laju kenaikan PDB melebihi kenaikan pertumbuhan penduduk.
b. Pertumbuhan ekonomi hanya melihat kenaikan tanpa melihat akibat atau perbaikan kondisi yang ada. Jadi, penekanannya hanya pada pertambahan sarana seperti jembatan, mesin-mesin, dan sarana listrik. Sedangkan, pembangunan ekonomi tidak hanya menekankan pada pertumbuhan secara fisik, melainkan juga perbaikan kelembagaan, kondisi ekonomi, sikap, dan struktur yang ada supaya lebih berhasil guna dan berdaya guna.

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi
Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi
Demikian pembahasan mengenai Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi. Semoga Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.
 
Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ekonomisajalah

1 komentar: