Kumpulan artikel tentang ekonomi dan ilmu ekonomi serta akuntansi dan manajemen

Prinsip, Kegiatan, Motif, dan Politik Ekonomi

     Hai teman-teman, kali ini saya akan membahas mengenai Prinsip, Kegiatan, Motif, dan Politik Ekonomi. Untuk lebih jelasnya, saya akan membahas tentang Prinsip, Kegiatan, Motif, dan Politik Ekonomi yaitu sebagai berikut :   

      Kebutuhan manusia sangat banyak dan beragam. Sedangkan jumlah sumber daya untuk memenuhi kebutuhan itusangat terbatas. Situasi ini mendorong manusia untuk bertindak dengan cara yang rasional. Mereka berusaha menggunakan sumber daya yang terbatas dengan pengorbanan yang sekecil mungkin. Usaha seperti ini tidak terlepas dari Bprinsip ekonomiB. Prinsip ekonomi adalah dasar berpikir yang digunakan manusia untuk memaksimumkan suatu tujuan melalui pengorbanan tertentu, atau untuk mencapai tujuan tertentu dengan pengorbanan sekecil mungkin. Prinsip ini menjadi pedoman bagi setiap pelaku ekonomi dalam melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah setiap langkah yang dilakukan manusia dalam perekonomian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi pada dasrnya dapat dikelompokkan atas tiga tindakan besar. Ketiga kegiatan itu adalah kegiatan mengonsumsi barang-barang dan jasa untuk memnuhi berbegai kebutuhan, kegiatan menghasilkan atau memproduksi berbagai macam barang dan jasa yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan, dan kegiatan mendistribusikan barang-barang dan jasa yang sudah dihasilkan itu.
 
Prinsip, Kegiatan, Motif, dan Politik Ekonomi
Prinsip, Kegiatan, Motif, dan Politik Ekonomi
        Setiap kegiatan ekonomi pasti didorong oleh suatu motif. Motif tersebut disebut motif ekonomi. Motif ekonomi antara lain adalah untuk memnuhi kebutuhan hidup, meperluas usaha, mendapat penghargaan dari lingkungan sekitar, ingin berkuasa di bidang ekonomi dan ingin membantu sesama.

      Dalam setiap kegiatan ekonomi, pemerintah ikut terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung. Keterlibatan pemerintah merupkan wujud tanggungjawab untuk memajukan perekonomian negara. Dalam hal ini pemerintah menjalankan politik ekonomi. Politik ekonomi adalah suatu paket tindakan yang bertujuan untuk mperbaiki perekonomian yang pada akhirnya ditujukan untuk meningkatkan kemakmuran seluruh rakyat. Langkah-langkah yang diambil pemerintah dalam menjalankan politik ekonomi antara lain ditunjukkan dengan menetapkan kebijakan dalam bidang moneter, fiskal, ekspor-impor dan harga.

   Demikian pembahasan mengenai Prinsip, kegiatan, Motif, dan Politik Ekonomi, semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian...

Prinsip, Kegiatan, Motif, dan Politik Ekonomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ekawati Zainuddin

0 komentar:

Post a Comment